Langsung ke konten utama

Cara Menghadapi Masalah

Source: Wordpress.com

Tulisan ini ter-inspirasi dari hari-hari saya yang sedikit kacau belakangan ini.  Mulai dari insomnia saya yang makin parah hingga selalu telat bangun,  tidak ikut ujian yang penting,  sampai pada masalah dengan orang lain yang berujung debat yang tidak mengenakkan.  Yaa,  saya sering berdebat,  tapi malam itu entah kenapa rasanya jiwa debat-er saya tiba tiba lemah dan memilih mengalah demi tercapainya tujuan kedamaian bangsa hidup.
Masalah saya,  mungkin bukan lah hal yang ingin dibaca orang lain.  Bukan pula hal yang harus saya tunjukkan karena itu akan meninggalkan esensi saya seorang yang suka mengeluh,  but trust me..  Diantara ribuan tawa yang saya sajikan,  selalu ada masalah yang tidak ingin saya ceritakan.

Well,  kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara untuk tetap tenang dan tetap terlihat bahagia walaupun ada buanyak masalah dalam hidup.  *Oke then, ini mungkin sedikit lebay.  But yaa..  You just need to read this carefully.

Waktu saya masih di SMP,  ada sebuah tulisan yang mengugah imajinasi saya.  Tulisannya begini.
Ibaratkan hidup kamu sebuah kaleng susu,  dan masalah berupa kelereng. Bayangkan satu kelereng masuk dalam kaleng dan terus putar dengan rotasi yang teratur. Apa yang terjadi?  Kelereng itu akan sulit keluar dari kaleng.  
Tapi kemudian,  tambahkan beberapa kelereng dalam kaleng itu,  dan lakukan hal yang sama seperti tadi,  maka kamu akan melihat kelereng-kelereng itu saling bersinggungan satu sama lain dan akan keluar dari kelereng lebih cepat di banding dengan hanya satu kelereng dalam kaleng.. 

Pun hidup,  kamu mungkin merasa masalahmu begitu banyak hingga bingung harus memulai menyelesaikan dari mana?  Harus mengatasi yang mana?
Karena rasanya semua semakin bertumpuk terus menerus dan kamu semakin tidak mampu menaklukannya.

Ketika hal itu terjadi,  hal yang harus kamu lakukan adalah dengan terus berusaha,  berupaya untuk menyelesaikan setiap permasalahan.  Setiap usahamu akan membantumu menyelesaikan masalah dan semua masalah akan selesai dengan atau tanpa kamu sadari. Percayalah bahwa kamu hanya perlu berupaya dan berdoa secara optimal untuk menyelesaikannya.  Fokus pada apa yang akan kamu lakukan,  dan berhenti selalu ber-wacana.

Percayalah bahwa Tuhan Maha Melihat dan Maha Mendengar.  Kamu hanya perlu berupaya lebih keras,  goncang kalengnya lebih kuat,  maka masalah-masalah itu saling bersinggungan dan pergi dari hidupmu. 

Dan ingat satu hal,  masalahmu mungkin berat..  Tapi kamu harus ingat,  
Kamu punya Allah Yang Maha Kuat~

Komentar

Popular Posts

Daftar Kerja di Indomaret

Hallo vibes!!!
Dilansir dari bawah atap DC Indomaret Bandar Lampung, bersama banyak mas-mas dan cuma aku sendiri perempuan disini. Daripada bosen, better to write this experience to kill the time.

Diarra Queen SPA : SPA dengan konsep alam yang menenangkan

Kegiatan sehari-hari aku sebagai mahasiswa itu benar-benar padat. Belajar di kelas, ngerjain tugas, belajar kelompok, organisasi, dan beragam urusan lainnya masuk dalam rutinitas sehari-hari. Badan dan wajah kadang udah gak tau lagi deh bentuknya gimana. Minyak dimana-mana, bibit-bibit jerawat, komodo komedo udah menempel khas di wajah. Selain karena faktor polusi, ini juga karena hormon yang timbul karena stres. Apalagi di musim-musim Ujian Akhir Semester, masalahnya jadi tambah satu lagi, Mata Panda! Ewh!

Sebuah Tujuan: Bismillah

Bismillah, ku tulis ini pukul 2 dinihari.  Dari aku yang baru selesai curhat dan enggan melanjutkan percakapan. Dari aku, yang tidak bisa tidur. Dari aku yang besok akan berangkat, kembali, ke tempat dimana aku seharusnya.

Malam ini, kuhabiskan dengan berpikir. Menimang-nimang, apakah kamu, perlu kuberi tau perihal niatan baik ini. Atau tidak perlu, mengingat aku takut niatku menjadi salah. Tidak pernah ku fikiran ini sebelumnya. Namun rasanya, pagi ini, ku pikirkan ini masak-masak. Hampir saja ku ketik kalimat itu di kolom chat kita, semakin ingin ku ketik setelah mengetahui salah satu anggota keluargamu mem-follow ku di instagram. Bingung, sekaligus ge er. Tapi untuk apa? Sedang kita pun tidak pernah terlibat percakapan lagi.

Cukup dengan galauku yang tidak ada ujung ini, tiap kali pembahasan menuju padamu, detik itu pula aku bisa berceloteh kesana kemari, padahal, semua sepertinya telah usai.

Kutuliskan saja ini menjadi draft dalam banyak chapter kedepannya. Untuk menjadi penginga…

Kuatlah, Wahai Diri

Assalamualaikum, Aku

Sebuah jiwa yang diombang-ambing godaan syetan. Sebuah jiwa yang terbolak-balik hatinya. Sebuah jiwa yang naik-turun semangat nya.

Main Kuis dapat Kuota Gratis

Hallo everybody..
Saat ini aku sedang cobain sebuah kuis berhadiah kuota gratis nih , Awalnya aku pikir ini semacam hoax karena hari gini gak mungkin ada yang gratisan kan?  Eh tapi karena aku penasaran dan udah banyak yang cobain, aku jadi penasaran juga buat ikutan. Yah, mencoba sesuatu gak ada salahnya kan.. (kalau kamu ragu ini hoax, kamu bisa langsung cuss untuk cek sendiri).