Langsung ke konten utama

EL'S COFFEE : MENYAJIKAN KOPI LAMPUNG DENGAN SAJIAN INTERNASIONAL

https://elscoffee.com/
Lampung, sebuah kota kecil di ujung Pulau Sumatera, Identik dengan kearifan lokal, sumber daya alam yang melimpah, dan kebudayaan yang mampu dikatakan sebagai 'miniatur indonesia'. Selain kebudayaan nya yang kental, Lampung juga selalu identik dengan sebuah minuman, minuman apa? Kopi! Yaps, kopi lampung adalah salah satu kopi yang terkenal di seluruh penjuru dunia. Kopi yang kebanyakan dibudidayakan di Lampung adalah kopi jenis Robusta. Perlu diketahui juga bahwa
Lampung sebagai kota penghasil Kopi Robusta terbesar di Indonesia. Kopi Lampung sangat terkenal dengan aroma dan rasanya yang khas.


Dari kekhasan ini, menjadi daya tarik kopi lampung bagi para investor asing untuk mengelola dan mengolahnya menjadi produk yang berdaya saing. Kopi lampung biasanya di ekspor, diolah dan kemudian dijual kembali ke konsumen, termasuk ke Lampung. Hal ini sangatlah merugikan karena kita sebenarnya mampu mengolah produk sendiri dan menjual produk dalam bentuk jadi, bukan lagi dalam bentuk kopi mentah yang butuh pengolahan. Penjualan kopi yang telah diolah akan meningkatkan pendapatan kapita masyarakat dan membuka lapangan pekerja baru. Perlunya inovasi dan kreativitas akan mampu mendukung berkembangnya usaha di Provinsi Lampung.

EL'S COFFEE yang didirikan oleh Bapak Elkana Ary Riswan ini merupakan suatu tempat yang menjadi rekomendasi tempat ngopi. Tidak cukup hanya mendirikan tempat ngopi, beliau kemudian merasa 'greget' untuk membentuk sebuah tempat yang mampu menjadi tempat cikal bakal kreativitas. Dimana sebuah tempat yang mempu membangun kreativitas khususnya bagi anak-anak muda di Lampung.  Pak Elkana merasa bahwa kita harus menunjukkan kepada pihak luar bahwa pemuda lampung memiliki daya saing yang sama dengan anak-anak lainnya yang berada di pulau jawa. Beliau juga berharap dengan adanya sebuah tempat, mampu menjadi media yang baik agar pemuda lampung semakin giat dalam berkreasi, sehingga nantinya Lampung bukan lagi kota yang hanya identik dengan kopi, tapi juga kota yang penuh dengan masyarakat yang kreatif.

Untuk merealisasikan mimpinya ini, Pak Elkana membuat sebuah tempat yang bernama EL'S CREATIVE HUB yaitu sebuah tempat berbasis sharing place untuk para pegiat kreativitas untuk memiliki kantor sendiri yang nyaman dan tentunya tidak memberatkan karena tidak harus mendirikan bangunan sendiri.
Tempatnya sangat nyaman dan kantor-able, sangat cocok untuk para pegiat kreatif. Apalagi kaum muda yang sangat suka dengan suasana kantor yang nyaman dan santai. Selain ruangan semacam ini terdapat banyak pilihan lain seperti meja blok bagi mereka yang membutuhkan ketenangan, ada lesehan bagi mereka yang ingin suasana yang lebih santai.

Dalam acara pembukaan EL'S CREATIVE HUB (8/12) juga turut hadir Bapak Wakil Walikota yang juga sebagai Ketua APINDO Lampung yaitu Bapak M. Yusuf Kohar yang membuka acara secara resmi. Beliau mengatakan beberapa hal, diantaranya adalah ajakan bagi semua pihak untuk ambil bagian dalam proses memajukan Lampung. Pemerintah, Perguruan Tinggi, Dunia Usaha, dan Perbankan harus saling bersinergi demi terciptanya Lampung yang maju dan berdaya saing. Beliau juga menambahkan untuk terus mengembangkan inovasi dan kreativitas agar kita mampu terus berkembang ke arah yang lebih baik.

Bapak Elkana (kiri)  Bapak Yusuf Kohar (kanan)

Ekonomi kreatif dan keunggulan produk lokal harus terus di dukung oleh semua pihak, Saat ini telah banyak sekali ekonomi kreatif yang memiliki nilai jual namun kurang di dukung oleh promosi yang tepat, hal ini mengakibatkan kurang optimalnya pemanfaatan ekonomi kreatif. Keunggulan produk lokal, kita sebut saja kopi lampung yang sudah mendunia, namun malah diolah oleh pihak asing. Ini tentu sebuah peluang yang harus dimanfaatkan.


Mesin Pengolah Kopi

EL'S COFFEE menjawab tantangan masa depan dengan meningkatkan keunggulan produk lokal dengan pengolahan yang modern dan memiliki kualitas. Sehingga produk lokal yang dulu diolah oleh pihak asing kini telah mampu diolah di lampung dan siap diolah dalam bentuk produk jadi. Dalam pengolahannya, EL'S COFFEE menggunakan mesin yang modern sehingga produk yang dihasilkanpun memuaskan.



Produk El's Coffee

Produk El's Coffee

Selain berupa produk mentah, EL'S COFFEE juga menyajikan beragam menu kopi siap saji. 
Pilihan Kopi di El's Coffee

Selain itu EL'S COFFEE juga memiliki tempat yang nyaman sehingga disukai pengunjung, terutama para penikmat kopi. Selain berorientasi pada penikmat kopi, tempat ini juga menyediakan tempat bagi anak-anak, sehingga orang tua tidak perlu ragu untuk mengajak anak-anak mereka ke tempat ini. Tempat ini juga menyediakan minuman (selain kopi) yang tentunya disukai anak-anak. Juga terdapat game online agar anak-anak tidak bosan. Game ini bernama Finding EL'S COFFEE. Memiliki 2 pemain laki-laki dan perempuan, games yang ringan dan mudah untuk dimainkan anak-anak. memiliki 9 level yang akan terus dikembangkan.


https://elscoffee.com/
EL'S COFFE juga memiliki program belajar tentang kopi, acara ini dilaksanakan setiap 3 bulan sekali. Diperuntukkan bagi pemula yang ingin belajar tentang kopi, akan dimentori oleh para barista EL'S COFFEE. Tempat belajar ada di EL'S COFFEE LAB yang berada di Jalan Rasuna Said. Untuk informasi pelaksanaan biasanya terdapat di instagram EL'S COFFEE dengan akun @elscoffee.house dan @elscoffee. Jadi jangan lupa follow untuk informasi terbaru dari EL'S COFFEE. Peserta akan diajari tentang pengenalan kopi, cara penyajian kopi, dan pembuatan kopi.

El's Coffee juga telah mendapat beragam penghargaan loh, baik penghargaan bagi owner ataupun bagi els coffee sendiri. Nih diantaranya..

Jadi, tunggu apalagi? ayo datang ke el's coffee. Ajak keluarga, teman, atau pacar kamu menikmati asyiknya nyeruput kopi lampung disini. Untuk informasi lebih lanjut baca informasi di https://elscoffee.com/










Komentar

Popular Posts

Daftar Kerja di Indomaret

Hallo vibes!!!
Dilansir dari bawah atap DC Indomaret Bandar Lampung, bersama banyak mas-mas dan cuma aku sendiri perempuan disini. Daripada bosen, better to write this experience to kill the time.

Sebuah Tujuan: We will fight!

"Hari ini hari terakhir" , Kata Ilham.

Dan yep, sukses membuat hatiku senang karena pada akhirnya aku memenuhi janji pada diri sendiri untuk tetap bertahan hingga akhir bulan. Ditengah-tengah keinginan untuk menyerah. Ditengah rasa kebodohan ku yang keral kali menyiksa. Ditiap hembusan syaitan yang selalu menggoda dari arah mana saja. Alhamdulillah, Laa Haula Wa La Quwwata Illa Billah. Aku bersyukur pada Allah yang selalu menguatkanku, mengizinkanku untuk sampai pada titik ini.

Esok aku akan pulang. Pamit, dan minta uang jajan tentunya hehe. Untuk berangkat ke Kediri.

Aku tidak tau persis bagaimana Kediri, aku bahkan tidak pernah menginjakkan kakiku sejauh itu. Tidak pernah bahkan kubayangkan diriku akan kesana. Sungguh Allah selalu menunjukkan sifat Maha Baik nya padaku yang tidak akan bisa kuhitung nikmatnya.

Aku sampai pada titik ini saja, aku sudah bersyukur. Dan rasa syukur ini akan aku wujudkan dengan kesemangatan ku melanjutkan tahap selanjutnya. Semoga aku tidak men…

Sebuah Tujuan: Bismillah

Bismillah, ku tulis ini pukul 2 dinihari.  Dari aku yang baru selesai curhat dan enggan melanjutkan percakapan. Dari aku, yang tidak bisa tidur. Dari aku yang besok akan berangkat, kembali, ke tempat dimana aku seharusnya.

Malam ini, kuhabiskan dengan berpikir. Menimang-nimang, apakah kamu, perlu kuberi tau perihal niatan baik ini. Atau tidak perlu, mengingat aku takut niatku menjadi salah. Tidak pernah ku fikiran ini sebelumnya. Namun rasanya, pagi ini, ku pikirkan ini masak-masak. Hampir saja ku ketik kalimat itu di kolom chat kita, semakin ingin ku ketik setelah mengetahui salah satu anggota keluargamu mem-follow ku di instagram. Bingung, sekaligus ge er. Tapi untuk apa? Sedang kita pun tidak pernah terlibat percakapan lagi.

Cukup dengan galauku yang tidak ada ujung ini, tiap kali pembahasan menuju padamu, detik itu pula aku bisa berceloteh kesana kemari, padahal, semua sepertinya telah usai.

Kutuliskan saja ini menjadi draft dalam banyak chapter kedepannya. Untuk menjadi penginga…

Bicaralah, mungkin orang lain mengerti

Siang hari, 15 Agustus 2017

Siang ini saya baru saja menyelesaikan ujian susulan matek, yahh.. Matematika ekonomi. Ujian susulan karena kasus yang bener-bener memalukan kemaren. Di post sebelumnya saya udah ceritain kasusnya (kalo udah baca).