Langsung ke konten utama

My Undergraduate Story : Tahapan Menuju Seminar 1


Hallo,  dari kamar saya yang sudah dimatikan lampunya sejak satu jam yang lalu. Juga adrenalin saya yang nampaknya mulai melebihi kapasitas sehingga saya bisa mendengar nguing-nguing di telinga bahkan ketika ini sudah dini hari. Dari saya yang sebentar lagi akan seminar.


Tulisan malam ini mungkin akan berisi sedikit keluhan dan kekhawatiran, tapi sebelum itu saya akan menjelaskan terlebih dahulu tahapan demi tahapan untuk bisa sampai seminar usul penelitian di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung, kampus dimana saya saat ini sedang menempuh pendidikan strata 1 dengan jurusan Akuntansi. Jurusan yang lebih banyak nulis angka ketimbang huruf. Yaa, maka dari itu saya mengimbangi nulis huruf di blog. Hihi

Tahapan pertama yang harus kamu lalui adalah mengajukan dosen pembimbing 
Hal pertama adalah kamu print transkip semester akhir, dengan syarat IPK 2,0 dan sks 110 dan telah mengambil mata kuliah pilihan sebanyak 3 mata kuliah.
Setelah itu, kamu bawa ke gedung E untuk diberi paraf oleh petugas, dan jangan lupa untuk melingkari mata kuliah pilihan yang telah kamu ambil. Dan selalu pakai map untuk urusan berkas ya.

Selanjutnya adalah kamu print out berkas penandatanganan transkip di gedung dekanat, (kamu bisa print out dari rumah atau memanfaatkan fasilitas kampus). Satukan berkas ini dengan transkip yang telah di paraf petugas, kumpul kan ke pegawai di dekanat lantai satu,  tunggu satu hari kemudian cek keesokan harinya. Setelah berkas selesai ditandatangani, kamu fc sebanyak yang kamu butuhkan kemudian mintalah cap di lantai dua.

Transkip,  2 proposal, kartu seminar, dan dan form pengajuan pembahas kamu susun kedalam satu map yang dibuka dan dijepit kemudian kumpulkan ke gedung Akuntansi. Tunggu beberapa hari sampai berkasmu diberi keputusan tentang siapa dosen pembimbing skripsi, yaa semoga kamu beruntung yaa. Hihi


Tahapan kedua adalah bimbingan 
Tidak ada pakem khusus untuk bimbingan. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menemui dosen pembimbing 1 dan 2 untuk mendapatkan Acc judul, dan mengikuti instruksi selanjutnya. Teruskan proses bimbingan sampai kamu selesai dan dapat tulisan "Acc Seminar 1" di halaman depan. Jangan menyerah yaa di proses ini,  sabar dan semangat serta terus berdoa adalah kunci untuk menaklukan tahap ini.

Tahapan ketiga mengajukan dosen pembahas
Ini adalah tahapan hampir akhir, tapi jangan santai dulu, karena masih banyak tahap yang harus kamu lalui. Kumpulkan cover bertuliskan acc seminar 1 dan draft skripsi fix mu, beserta form pengajuan dosen pembahas, kartu seminar, kartu bimbingan dan transkip. Masukan kedalam 1 map terbuka yang dijepit dengan penjepit extra besar. Kemudian tunggu beberapa hari sampai berkasmu turun dan kamu dapat pembahas.

Oke, itu adalah tahap menuju seminar 1. Jika sudah melalui semuanya, kamu hanya perlu matrik kepada dosen Pembahas, dosen Pembimbing 1 dan 2. Untuk menentukan hari kamu seminar. Jangan lupa untuk tanyakan kapan kalian harus konfirmasi ke dosen tersebut. Juga kamu perlu untuk mencari ruangan untuk seminar dan menyiapkan berbagai kebutuhan lainnya.

Tolong  hati-hati, jadwal yang sudah fix bisa saja di cancel tiba-tiba. Sayang kan kalau persiapanmu jadi sia-sia. Hehe

Dan inilah aku, yang khawatir dengan hari seminar itu yang semakin dekat. Setiap hari hanya ditanya kapan dan kapan. Tanpa pernah mereka tau, bahwa sebenarnya aku ketakutan. Semoga tidak terjadi hal buruk dan semua lancar lancar saja. Doakan aku ya vibes!
Semangat Berjuang mahasiswa semester akhir!!
Sampai jumpa di chapter selanjutnya

Komentar

Popular Posts

Daftar Kerja di Indomaret

Hallo vibes!!!
Dilansir dari bawah atap DC Indomaret Bandar Lampung, bersama banyak mas-mas dan cuma aku sendiri perempuan disini. Daripada bosen, better to write this experience to kill the time.

Maaf, aku (bukan) wanita idaman

Assalamualaikum,
Mengawali tahun yang baik ini aku akan mulai lagi mengisi blog ini. Kedepannya, aku ingin memakai konsep lebih islami dalam penulisanku, yah aku mulai dengan pembukaan yang mengucapkan salam yang penuh dengan doa kebaikan itu hehe.

Titipan dari masa lalu

Selalu ada hari, dimana rasanya aku ingin kembali ke masa lalu. Ke tiga tahunyang lalu. Hari dimana harusnya aku tidak pergi kesana, tidak menemuimu, dan atau tidak melihat langsung jika kamu pada hari itu menemuinya, dia yang sudah beberapa bulan sebelumnya aku stalking setengah mati. Dia yang kepadanya hatimu berlabuh untuk pertama kali.

#5 Clara's Diary : Does he feels the same

*Clara POV

Bruuuk...
Tiba-tiba sebuah bola basket mengenai kepalanya. Yang ku rasakan waktu itu hanyalah pusing, dan penglihatanku sedikit buram. Tanganku mencoba untuk berpegangan ke tiang yang berada di dekatku. Samar-samar ku dengar suara seseorang yang ku kenal. Oh bukan, sesorang yang aku benci tepatnya. Iya, Dia Radit. Kapten basket yang menjadi idola di sekolahku sekaligus menjadi laki-laki paling menyebalkan di dunia ini. Pusing yang tadi ku rasakan, kini rasanya sampai ulu hati, ingin rasanya kuambil bola itu dan melempar tepat di depan wajahnya.

Nikah setelah lulus? Gimana ya

Tulisan ini sebenarnya adalah jawaban dari beragam sekuel-sekuel tulisan saya sebelumnya. Beberapa tulisan di awal tahun, pertengahan tahun, dan sepertinya akan saya tutup dengan tulisan ini di (hampir) akhir tahun 2018.